Friday, March 22, 2013

PULAU BANGGAI



Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi Pulau Banggai,,,saya sedikit sharing berikan informasi :
Sebelumnya saya berikan informasi agar jangan sampai salah ya…. Mengapa saya katakan demikian karena di propinsi Sulawesi Tengah terdapat 2 kabupaten dengan nama yang mirip yakni kabupaten Banggai dengan ibukota Luwuk dan yang satunya lagi adalah Kabupaten Banggai Kepulauan dengan ibukota Salakan yang terletak di Pulau Peling.

Nah… Pulau Banggai yang dimaksudkan disini adalah salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Banggai Kepulauan.
Perjalanan menuju Pulau Banggai ini sangat jauh tetapi apabila telah sampai dijamin segala kepenatan akan hilang setelah melihat tempat-tempat wisata yang mengagumkan dengan didominasi oleh pantai-pantai dengan keindahan laut yang eksotis.
Dari ibukota propinsi yaitu Palu dapat ditempuh melalui 2 jalur yakni darat dan udara. Melalui udara yakni pesawat terbang memakan waktu kurang lebih setengah jam dengan tujuan bandar udara luwuk sedangkan apabila melalui jalur darat (kendaraan umum maupun travel) dapat ditempuh dengan waktu yang sangat lama yaitu sekitar 20 jam….perjalanan yang sangat melelahkan kan ???!!! hehheheee…
Baik perjalanan laut maupun udara dipastikan tempat tujuan pertama kali teman-teman adalah Luwuk yakni ibukota Kabupaten Banggai tadi.
Dari Jakarta perjalanan dengan menggunakan pesawat memakan waktu sekitar 6 jam dengan rute Jakarta – Luwuk. Saat ini maskapai penerbangan yang telah melayani rute Jakarta – Luwuk adalah Sriwijaya Air, Batavia Air, Lion Air dan Merpati.

Nah teman-teman….apabila hendak ke Pulau Banggai maka perjalanan harus dilanjutkan lagi dengan menyebrangi laut (namanya juga Pulau…hehehhee). Saat ini sarana transportasi penyeberangan laut menuju Pulau Banggai ada 2 alternatif yakni kapal kayu dan kapal fery.
Kapal kayu (kapal tradisional) dapat kita temui setiap hari dengan membayar biaya Rp. 80.000, dengan waktu sekitar 8 jam. Sedangkan kapal fery hanya dapat ditemui pada hari-hari tertentu yakni malam rabu dan malam jumat dengan biaya sekitar Rp. 76.000,- dengan waktu sekitar 6 jam.

Saat senja di Pulau Banggai

Pagi hari di atas pegunungan pantainya tetap nampak


7 comments:

  1. Terima kasih, infonya akan digunakan sebagaimana mestinya. He he...
    Munadir, PA. Makale

    ReplyDelete
  2. hahahaa...mantaps bro...wkwkwkkkk

    ReplyDelete
  3. hotel/penginapan yang terbaik disana apa yach...?
    berapa harga nya semalam...?

    ReplyDelete
  4. hotel terbaik disini Hotel Batara,,,harga semalam 300 ribu

    ReplyDelete
  5. Halo, klo jadwal fery ke banggai kepulauan malam selasa jam berapa kak?
    Mohon infonya

    ReplyDelete
  6. Banggai laut atau banggai kepulauan ??

    ReplyDelete
  7. satu kamar di batara bisa muat berapa orang ya? terima kasih

    ReplyDelete